Jumat, 22 Juli 2011

Jengkol, Oh.. Jengkol

Perjalanan pulang kerja, Sore 21 Juli 2011
Duduk di bis rasanya gak nyaman, pinggang sakit.. perut mules, dan gak tenanglah selama perjalanan pulang.. sambil terus berfikir "ini kenapaaa ya?!" hmm... biasanya sih sakit pinggang karena suka lupa minum air putih, tapi.. perut mulesnya karena apa??


Sampai di rumah, langsung masuk kamar.. rebahkan badan, tetep gak nyaman dengan rasa sakitnya. lalu minum banyak air putih untuk si ginjal dan tablet kecil papaferin untuk kurangi mules. Malem jam 9, rasa sakitnya kok gak berkurang. makin kesiksa deh ih. Sedih dan manjanya mulai kumat, telepon lah seseorang yang bisa ngademin emosi, hehehe.. dan aku ditanya karena keluhan sakitku yg kunjung sebuh "makan apa tadi siang?"


Cling....!! langsung inget deh. ceritanya hari ini ada salah seorang teman kerjaku ulang tahun, di traktir makan siang lah, beli di warung makan favorit di pelabuhan Paku, Anyer. Kalo yang lain lebih milih soto atau gado-gado, aku lebih memilih nasi ayam ditambah semur jengkol. ooooh... rupanya si jengkol yang bikin sakit ini toh. tapi kenapa ya?? yuk cari tau :) googling....


Jengkol mengandung asam jengkolat, yang bisa mambentuk kristal tak larut dan bisa mengendap di ginjal. yaah.. pantesan aja, udah kurang minum, makan jengkol pula hari ini. mantabs! Hey... meskipun begitu, bukan berarti jengkol yang bau itu tidak bermanfaat buat tubuh loh, dia juga punya banyak kandungan gizi yang benmanfaat loh. nanti di share hasil googlingnya lagi disini ya.


Yang terpenting sekarang, bagaimana agar kita tetap bisa mengkonsumsi makanan favorit itu tanpa keluhan? keluhan sakitnya maupun keluhan karena baunya, Ini dia tipsnya:

  • Rendam jengkol beberapa saat, atau rebus selama 4-6 jam, agar asam jengkolatnya larut.
  • Minum soda, atau banyak-banyak minum air putih
  • Jika ingin kandungan bau agak berkurang, memarkan jengkol setelah direbus setengah matang, dan rendam kembali agar kandungan bau berkurang
  • Makan timun setelah makan jengkol, atau permen bisa juga kali ya.. 
  • dan... jangan lupa siram dan sikat closet/kamar mandi setelah buang air.
Hidup Jengkol..... hehehehe... Semoga bermanfaat yach ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...